7 jenis tanaman obat paling berkhasiat yang ada di sekitar rumah

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan berbagai keaneka ragaman tanaman dan dari banyaknya tanaman tersebut tentunya ada berbagai jenis tanaman yang memiliki khasiat yang sangat luar biasa dan bisa di jadikan sebagai obat, tanaman tersebut juga sering disebut sebagai apotik hidup, dan tak jarang dari masyarakat kita yang di sekitar rumahnya juga di tanami berbagai tanaman apotik hidup.

tanaman apotik hidup bukan hanya bisa berguna sebagai obat saja, namun ada juga sebagian tanaman yang bisa dijadikan sebagai penambah rasa dalam sebuah masakan, sehingga bisa memberikan sensasi rasa yang khas dan lezat.

jenis-jenis tanaman obat yang ada disekitar rumah


biasanya pekarangan maupun halamam belakang rumah merupakan tempat yang paling sering dijadikan sebagai tempat untuk menanam aneka tanaman obat, karena selain mudah di jangkau tentunya juga bisa membuat pekarangan dan halaman lebih terlihat indah. Lalu apa saja sih tanaman obat yang biasanya di tanam di sekitar rumah?

Ragam manfaat dan khasiat tanaman obat

1. Tanamam cermai (cerme)
7 jenis tanaman obat paling berkhasiat yang ada di sekitar rumah
Daun cerme berkhasiat sebagai obat mual, sariawan, obat anti inflamasi, obat anti radang, selain daunnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat, akar cermai juga bisa digunakan sebagai obat untuk asma.

cara pembuatan obat alami dari tanaman dan buah

2. Belimbing wuluh
Ragam khasiat dan manfaat belimbing wuluh
Belimbing wuluh atau yang memiliki nama lain Averrhoa blimbi L atau biasanya orang jawa menyebutnya sebagai belimbing keris karena bentuknya yang sangat kecil.

bagian yang bisa dimanfaatkan pada belimbing wuluh bukan hanya buahnya saja, namun bunga dan daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal alami yang ampuh.

khasiat belimbing wuluh :
belimbing wuluh berkhasiat sebagai Ekspektoran dan antipiretik yang bisa mengobati batuk, sakit tenggorokan, sariawan bahkan sampai kencing manis.

cara pembuatan obat untuk batuk, sakit tenggorokan dan sariawan :
siapkan bunga belimbing wuluh sebanya satu genggam, siapkan juga buah adas manis secukupnya, air seperempat cangkir, dan gula batu, kemudian semua bahan dipipis (dihaluskan) dan diminum sebanyak 2x sehari dengan takaran 1-2 sendok makan sekali minum.

cara pembuatan obat kencing manis
siapkan daun belimbing wuluh segar sebanyak 20 gr, air secukupnya kemudian di tumbuk dan diminum sebanyak 2x sehari dengan takaran sekali minum 1/4 cangkir saja.

3. Ciplukan
Ragam khasiat dan manfaat ciplukan
sekarang ini buah ciplukan juga menjadi salah satu buah yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan mulai diperjual belikan di berbagai supermarket, karena banyaknya manfaat dan khasiat dari ciplukan itu sendiri.

khasiat ciplukan :
ciplukan berkhasiat sebagai penetral racun atau yang sering disebut sebagai proses detox, bisa menjadi pereda batuk dan bisa mengaktifkan dan melancarkan fungsi kelenjar tubuh, bisa menjadi obat bagi penyakit berat seperti kencing mani, ayan dan penyakit paru-paru.

4. Delima putih
Ragam khasiat dan manfaat delima putih
delima putih berkhasiat sebagai astringen dan antilmintik yang berkhasiat sebagai obat untuk disentri, keputihan dan juga sebagai obat cacingan.

cara pengobatan disentri :
gunakan daun delima putih 5 gr + temu giring 2 gr + daun jambu biji 6 gr + air sebanyak 100 ml dan diminum 1x sehari selama 7 hari.

cara pengobatan keputihan :
kulit buah delima 5 gr + daun beluntas 6 gr + tapak liman 5 gr majakan 1 gr + air 100 ml dan diminum sekali sehari selama 7 hari

cara pengobatan cacingan
akar delima putih kira-kira sebanyak 1 jari, temu girin 1 jari, air 100ml, kemudian semua bahan di seduh dan diminum 1x sehari selama  4 hari.

5. Ganyong
Ragam khasiat dan manfaat ganyong
bagian umbi pada ganyong memiliki khasiat sebagai antifiretik, diuretik yang memiliki khasiat sebagai obat panas dalam dan juga radang saluran kencing.

cara pengobatan panas dalam :
siapkan umbi ganyong 30 gr, temu lawak 30 gr, air 700 ml, kemudian direbus sampai mendidih. Cara minumnya adalah diminum saat masih dalam keadaan hangat diminum 2x sehari.

cara pengobatan radang saluran kencing
ambil ganyomg 40 gr, daun kumis kucing sebanyak 30 gr, akar alang-alang sebanyak 20 gr dan air dengan takaran 600 ml, kemudian rebus semua bahan sampai mendidih dan diminum 2x sehari.

6. Jambu biji
Ragam khasiat dan manfaat jambu biji
seperti yang kita tahu, bahwa jambu biji sangat banyak sekali khasiatnya, mulai dari daunnya sampai buahnya, dan salah satu yang paling populer dikalangan masyarakat adalah sebagai obat diare (mencret), dalam pemakaiannya pun juga sangat beragam, ada yang secara langsung dikunyah daun jambu biji mudanya menggunakan campuran garam ada juga yang di buat sebagai obat untuk di minum.

cara membuat obat diare :
ambil daun jambu biji yang masih muda sebanyak 9 lembar, kunyit 1 jari, biji kedawung yang sudah di sangrai sebanyak 4 butir, rusuk angin 4 gr dan jangan lupa tambahkan juga air 100 ml. Semua bahan dicampur dan dimiminum 2x sehari.

7. Kunyit (curcuma domestica)
Ragam khasiat dan manfaat rimpang kunyit
kunyit sangat banyak memiliki banyak sekali khasiat di antaranya adalah sebagai anti bakteria, kholagog, stomakik, anti inflamasi, kholeretik, antispasmodik yang berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit, diantaranya adalah sebagai obat luka dan kurap, obat diare, nyeri haid dan sakit perut. Bagian kunyit yang memiliki banyak khasiat adalah bagian rimpannya.

cara membuat obat  luka dan kurap :
ambil rimpang kunyit 1 jari, daun asa 1 genggam dan sedikit air, kemudian dipipis (dihaluskan) bisa dengan cara di tumbuk atau cara lainnya, kemudian tempel pada bagian yang sakit dan jangan lupa untuk rutin menggantinya, minimal 3 jam 1x.

cara membuat obat haid
kunyit 1 jari, ketumbar 7 butir, asam kawak, cengkih 1 butir, biji pala, kemudian semua bahan ditumbuk kemudian hasil tumbukan di rebus dengan air sebanyak 100 ml sampai mendidih, kemudian biarkan sampai hangat setelah itu disaring dan diminum 1x sehari.

Artikel Serupa

Mei 23, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk 7 jenis tanaman obat paling berkhasiat yang ada di sekitar rumah.

komentar dengan unsur negatif akan langsung dihapus dan tidak di publish